Senin, 31 Oktober 2016

Cara Menguasai Bahasa Pemrograman Java

5 Cara Menguasai Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman papan atas karena sangat menjanjikan, apalagi semenjak Android semakin berkembang, kepopulerannya semakin menjadi-jadi.
Pengambangan aplikasi Android yang menggunakan bahasa pemrograman Java membuat semua orang yang tidak ingin ketinggalan dan ingin mengikuti perkembangan dunia teknologi seolah harus terjun untuk menguasai Java.










Cara yang disukai oleh seseorang dalam belajar itu beragam, ada yang suka melihat langsung secara visual, ada yang senang dengan membaca teks di buku.

Apabila Anda termasuk orang yang suka belajar dengan cara membaca, maka cara tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menguasai Java.
Anda bisa membeli buku-buku tentang Java di toko-toko buku sekitar, membeli buku online juga sekarang sering kali dilakukan programmer karena mereka bisa membaca buku-buku yang dibuat oleh pakar-pakar dari negeri tempat bahasa tersebut diciptakan.
Selain itu terdapat juga ebook-ebook gratis yang bisa Anda download dan baca. Website-website penyedia tutorial Java juga sangat banyak di Internet saat ini. Maklum, Java kan termasuk bahasa pemrograman populer.

2. Belajar Java dengan Video
Selain dengan membaca buku, cara lain yang cukup efektif untuk belajar bahasa pemrograman adalah dengan menggunakan video tutorial.
Sebagian orang beranggapan bahwa belajar dengan buku itu cukup sulit karena terkadang kita bisa salah memahami maksud dari buku tersebut, sedangkan dengan melihat video mereka merasa lebih mengerti karena bisa langsung mengetahui langkah-langkahnya tanpa perlu menerka-nerka karena mereka langsung melihat langkah dan hasilnya.
Terdapat banyak sekali tempat untuk mempelajari Java melalui video, ada yang menyediakan tutorial berbayar dan tutorial gratisan. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan Anda. Yang berbayar terkadang memang menyajikan sesuatu yang lebih baik.

3. Belajar Java dengan cara kursus
Jika ada kemauan pasti ada saja jalannya, jika memang sudah bertekat untuk menguasai sesuatu pasti berbagai jalan tersebut akan dilakui. Bahkan dengan meluangkan waktu dan uang untuk kursus bahasa pemrograman Java.
Belajar dengan kursus memang disenangi oleh sebagian orang, karena langsung dipandu oleh seorang tutor. Ketika mendapati kesulitan bisa langsung bertanya dan mendapatkan solusi. Berbeda dengan belajar sendiri secara otodidak, dimana ketika menemui masalah dan tidak mendapatkan solusi terkadang bisa membuat patah hati dan tidak ingin belajar lagi.
Untuk kursus ini dibagi menjadi kursus online dan offline. Dimana kursus online bisa dilakukan di dunia maya dengan mendaftarkan diri di sebuah website penyedia kursus seperti udemy.com misalnya. Kursus online keuntungannya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, yang penting ada koneksi internet yang memadai.
Sedangkan kursus offline bisa kamu dapatkan di sebuah lembaga kursus dengan mendaftarkan diri dan datang ketempat kursus tersebut secara rutin.

4. Bergabung dengan komunitas Java
Ada orang-orang yang meresa tidak semangat dan malas ketika belajar sendirian, namun mereka juga tidak mau mengeluarkan uang untuk membayar kursus di lembaga tertentu. Nah kalau sudah seperti itu maka yang paling cocok adalah dengan bergabung dengan komunitas.















Nah untuk itu biasanya butuh waktu sendiri untuk bisa berkonsentrasi. Makanya tak jarang programmer sering menyendiri dan dianggap kurang bersosialisasi.

   Semoga Tips dari saya bermanfaat ...

   Jangan Lupa Untuk Komentar gan ...








0 komentar:

Poskan Komentar